Image of MEMBUKA MASA DEPAN ANAK-ANAK KITA: MENCARI KURIKULUM PENDIDIKAN ABAD XXI

Text

MEMBUKA MASA DEPAN ANAK-ANAK KITA: MENCARI KURIKULUM PENDIDIKAN ABAD XXI



Memberi kesempatan kepada anak-anak untuk berkembang bukan hanya tuntutan pedagogi; tetapi juga tuntutan kultural . Kultur kita akan mundur jika kita tidak menghargai anak-anak. Untuk menyelamatkan mereka; perlu sekali kita pahami lagi secara seimbang makna sekolah. Di satu pihak sekolah adalah tempat anak-anak dipersiapkan untuk menghadapi sekaligus melayani masyarakatnya. Di lain pihak sekolah juga berfungsi sebagai benteng; tempat anak-anak berlindung dari tekanan masyarakatnya. Di samping itu; kita pun dituntut untuk memikirkan cara mengajak anak-anak agar sedini mungkin memahami dan mengalami nilai-nilai dan rasa keadilan. Buku ini menuntun kita untuk memahami; bahwa pendidikan tidak berarti memberikan memaksakan dunia serta pengetahuan kita kepada anak-anak; melainkan membuka dan menyelamatkan masa depan mereka. Dalam buku ini disajikan berbagai pemikiran seputar kurikulum; perkembangan anak; gender dan pluralisme; dan pendidikan rasa. Tokoh-tokoh yang menyumbangkan pemikiran di dalamnya adalah Conny Semiawan; T. Raka Joni; S. Belen; Paul Suparno (Kurikulum) Kak Seto; Sarlito Wirawan Sarwono; Murti Bunanta; M.D. Dahlan (Perkembangan Anak) Karlina Leksono-Supelli; Mary Astuti; Yayah Khisbiyah; Ratna Wilis Dahar (Gender dan Pluralisme) I. Ketut Sumarta; St. Kartono; Juju Masunah (Pendidikan Rasa).


Ketersediaan

610/07370 SIN mMy Library (RAK UMUM)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370 SIN m
Penerbit Kanisius : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
9796728486
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this